Rabu

Alasan Aliya-Ibas Pilih Istana Cipanas

Pemilihan Istana Cipanas, Cianjur sebagai lokasi akad nikah Aliya dan Ibas bukan tanpa alasan. Ternyata tempat ini merupakan awal mula kedua calon mempelai bertemu pada 2007 lalu.

"Pada 2007 lalu mereka bertemu di Istana Cipanas ini, itulah mengapa akad nikah dilangsungkan di Istana Cipanas," ujar pembawa acara akad nikah pernikahan Aliya Ibas, di Istana Cipanas, Kamis (24/11).

Pertemuan terjadi saat Presiden SBY dan keluarga para menteri Kabinet Indonesia Bersatu I berkumpul di Istana Cipanas akhir 2007. Hatta Rajasa selaku Menteri Sekretaris Negara mengajak istri dan puterinya, Aliya.

Di saat SBY dengan para menteri melakukan pertemuan, ternyata Ibas bertemu Aliya. Di situlah kemudian keduanya bertemu pertama kali.

Kata cipanas berasal dari bahasa Sunda; ci atau cai artinya air, dan panas yaitu panas dalam bahasa Indonesia. Kata tersebut menjadi nama sebuah desa, yakni Desa Cipanas karena di tempat ini terdapat sumber air panas yang mengandung belerang.

Istana Kepresidenan Cipanas bermula dari sebuah bangunan yang didirikan pada 1740 oleh pemiliknya pribadi, seorang tuan tanah Belanda bernama Van Heots.

Namun pada masa pemerintahan Hindia-Belanda, tepatnya mulai pemerintahan Gubernur Jenderal G.W. Baron van Imhoff (1743), karena daya tarik sumber air panasnya, dibangun sebuah gedung kesehatan di sekitar sumber air panas tersebut.

Kemudian, karena kharisma udara pegunungan yang sejuk serta alamnya yang bersih dan segar, bangunan itu sempat dijadikan tempat peristirahatan para Gubernur Jenderal Belanda. Sejak didirikannya pada masa pemerintahan Belanda, Istana Kepresidenan Cipanas difungsikan sebagai tempat peristirahatan dan persinggahan.

Akan tetapi sekeliling alamnya yang amat indah menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjungnya, sehingga pada masa pemerintahan van Imhoff itu, tempat persinggahan/peristirahatan sempat beralih fungsi.

Karena kekuatan sumber air panas yang mengandung belerang itu dan karena udara pegunungan yang sejuk dan bersih, tempat ini pernah dijadikan gedung pengobatan bagi anggota militer Kompeni yang perlu mendapat perawatan.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Tadzkurrahman | El-Ngawi |